Cara Jitu & Gratis Jualan online Menggunakan Akun Facebook Pribadi
Untuk berjualan dalam Facebook, anda memang dapat menggunakan sebuah Akun Halaman (Fanpage) atau Akun Pribadi anda. Jika anda memang baru saja membangun bisnis dalam skala kecil atau ingin sekedar mencoba berjualan online di Facebook, menggunakan Akun Pribadi dapat anda gunakan terlebih dahulu. Dengan segala batasan yang dimiliki oleh Akun Pribadi anda, apakah bisa untuk berjualan online? Jawabannya tentu bisa! Mau tau salah satu cara mudah & gratisan jualan online tanpa menggunakan Fanpage? Ini dia caranya!
1. Kenali Target Pasar Untuk Produk / Jasa Anda
Tahap awal ini adalah tahap yang sangat penting untuk berjualan di channel marketing online apapun, terlebih lagi pada channel Facebook. Facebook memiliki sekitar 88 Juta Pengguna di Indonesia. Tentu hal ini menjadi dasar Facebook mempunyai market yang sangat besar & beragam, apapun produk / jasa anda. Tanpa mengenali target konsumen anda secara spesifik pada Facebook, tentu proses berjualan online di Facebook akan menjadi sia – sia. Jadi, buatlah list detail siapakah target konsumen anda berdasarkan produk / jasa anda.
Contoh, jika anda menjual Jersey Tim Sepakbola, buatlah apa saja kriteria konsumen yang anda targetkan. Contohnya, calon pembeli jersey bola anda adalah anak muda yang sangat menyukai sepak bola & fans berat suatu klub / pemain sepak bola. Jadi anda kira – kira dapat membuat target pasar anda menjadi:
Lelaki / Perempuan
Umur sekitar 18 tahun – 35 tahun.
Menyukai Sepakbola
Fans Suatu Tim Sepakbola.
Fans dari Pemain Sepakbola.
Setelah anda membuat list target konsumen anda seperti diatas, selanjutnya anda dapat melakukan step berikutnya.
2. Masuklah Sebuah Grup Yang Berkaitan Tentang Target Pasar Anda.
Tahap ini anda mulai ‘masuk‘ ke market anda dan mencari target konsumen anda di dalam market tersebut. Anda dapat mencari grup yang berkaitan tentang Sepakbola, misalkan seperti grup yang membahas sepakbola, grup pecinta tim bola tertentu, hingga grup yang fans untuk pemain tertentu.
Anda bisa mencari grup tersebut dengan keyword yang related dengan produk anda. Seperti jika anda menjual Jersey Sepak Bola, anda dapat mengetik keyword seperti “Sepakbola”, Nama klub sepak bola, Nama pemain sepak bola terkenal, dll.
Lalu apa kaitannya dengan grup – grup tersebut dengan target pasar anda? Kaitannya adalah orang – orang yang didalam grup anda otomatis yang sesuai / mendekati target pasar anda. Tentu jika anda sudah mengetahui siapa target pasar anda ini, anda dapat lebih mudah mempromosikan produk jersey anda kepada mereka.
3. Add Friend atau Tambah Teman Kepada Orang – Orang Yang di Grup Tersebut
Ini dia tahap dimana anda sudah menjaring target pasar anda sesuai produk / jasa anda. Anda dapat menambahkan anggota – anggota grup tersebut menjadi teman anda alias anda meng-add friend mereka menjadi teman. Tetapi perlu diingat, anda tidak perlu terlalu banyak atau berlebihan dalam hal add friend ini, karena jika berlebihan, anda dapat dikenakan sanksi oleh Facebook berupa suspend sementara hingga banned permanent. Jadi, wajarlah dalam meng-add friend seseorang dari grup – grup tersebut. Batasi saja sehari anda hanya menambahkan teman sekitar 15 – 20 orang saja.
4. Maksimalkan Fitur ‘Suggested Users‘ atau ‘Rekomendasi Teman‘
Setelah beberapa orang yang berasal dari grup tersebut sudah menjadi teman anda. Selanjutnya anda akan mendapatkan ‘Suggested Users‘ atau ‘Rekomendasi Teman‘ pada Facebook anda. Ini adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Facebook untuk setiap user agar memunculkan teman yang mirip dengan personal / behaviour anda atau personal / behaviour teman – teman facebook anda. Ini juga adalah Fitur Gratis dari Google yang dapat maksimalkan jika anda masih menggunakan akun pribadi Facebook untuk berjualan.
Teman – teman yang muncul dalam fitur ini adalah teman – teman yang sudah disaring oleh algoritma Facebook yang mendekati dengan personal anda atau personal teman – teman anda. Jika pada kasus untuk Jual Jersey tadi, anda sudah mempunyai banyak teman yang sesuai kriteria target pasar. Otomatis, Facebook akan menampilan atau menawarkan orang – orang yang memiliki kesamaan seperti anda atau teman – teman anda, yaitu sama – sama yang menyukai tentang Sepakbola! Jadinya, anda tidak perlu repot lagi untuk kembali masuk ke dalam grup untuk meng-add friend satu per satu lagi. Cukup menambahkan teman dari fitur ini saja yang biasanya muncul di tengah newsfeed anda, kolom teman anda, atau di pojok newsfeed anda.
5. Promosikan Produk Anda Secara Berkala!
Jika anda sudah mengumpulkan target pasar anda dalam akun pribadi anda, jangan lupa untuk selalu mempromosikan produk / jasa secara berkala dengan waktu yang tepat! Karena hal ini sangat bagus untuk konsistensi anda sebagai penjual & positioning didalam teman anda jika anda adalah penjual Jersey Sepakbola.
Anda dapat sedikit kreatif dalam hal waktu untuk memposting. Contohnya, anda dapat memposting produk – produk Jersey anda sewaktu tim sepak bola tersebut akan bermain. Seperti, postinglah Produk “Jersey Manchester United” jika Manchester United akan bertanding. Jangan lupa, anda dapat memvariasikan konten postingan status anda. Misalkan Informasi atau Berita tentang Manchester United sebelum tim tersebut bertanding dan anda selipkan produk Jersey Manchester United anda didalamnya. Para fans tim atau pemain Manchester United pun akan tertarik dengan status anda & melihat ‘Jersey Manchester United‘ yang anda jual. Dan juga, sangat mungkin mereka akan share postingan anda ke lingkungan teman ‘Fans Manchester United‘ mereka. Konten anda pun bisa terbantu untuk menjadi viral!
Tetapi, jika bisnis anda terus berkembang dan semakin besar. Jangan cepat puas & merasa cukup untuk berjualan menggunakan Akun Pribadi anda! Anda harus secepatnya mempertimbangkannya untuk memulai jualan Facebook menggunakan Fanpage atau Halaman Facebook. Mengapa? Karena banyak sekali batasan pada akun pribadi anda, seperti anda hanya dapat memiliki maksimal 5000 teman saja hingga tidak ada dashboard untuk mengevaluasi kinerja Facebook Marketing anda.
Tentu masalah tersebut akan menjadi masalah yang nyata jika anda benar – benar masih menggunakan Akun Pribadi untuk jualan online anda. Seperti, bisnis anda tidak dapat berkembang dengan cepat lantaran anda hanya mempunyai maksimal 5000 teman saja, otomatis, target pasar anda yaa.. itu – itu saja alias tidak berkembang.
Tidak Usah Takut Konsumen Anda Akan Hilang Jika Berpindah Ke Fanpage Facebook!
Jika anda sudah mempunyai 5000 target pasar alias teman di akun pribadi anda, lalu anda berpikir, apakah target pasar anda akan hilang begitu saja saat mulai berpindah ke Fanpage Facebook? Jawabannya, tentu tidak!
Karna Anda juga bisa merubahnya dari facebook pribadi menjadi fanpage, atau membuat fanspage baru, dan nantinya anda dapat menggunakan fitur ‘Invite Friends‘ atau ‘Undang Teman‘. Fitur ini dapat memungkinkan anda untuk ‘mengajak‘ target pasar anda tersebut untuk like fanpage atau halaman facebook yang baru saja anda buat. Jadi, target konsumen yang sudah anda kumpulkan susah payah pun tidak akan sia – sia begitu saja. Mereka masih dapat mengikuti informasi produk & postingan anda pada Fanpage Facebook anda.
(Baca Juga : Pandun Bagaimana Cara Membuat Akun Facebook Khusus Untuk Jualan )